Tips & Tricks: Apa yang menentukan kecepatan pengisian daya handphone Anda?

Kebutuhan setiap orang terhadap handphone pasti berbeda-beda. Ada orang yang mementingkan performa handphone, ada juga yang mementingkan kualitas camera untuk mengambil foto. Tetapi ada satu hal yang diinginkan oleh semua orang yaitu baterai yang tahan lama dan pengisian daya nya juga harus cepat.


Ketahanan suatu handphone ditentukan setelah melakukan pembelian, dan pada dasarnya tidak dapat diubah. Kecepatan pengisian daya handphone berhubungan dengan kepala charger dan kabel data, sehingga kita dapat membuat pengisian daya lebih cepat.


Apa hubungan antar quick charging dan kepala charger? Pada saat pengisian daya, kepala charger akan menentukan tegangan dan arus serta daya maksimum yang dapat diberikan pada handphone. Kita dapat melihat pada kepala charger original handphone akan tercantum dengan parameter keluaran tegangan dan arus.



Misalkan, jika handphone Anda mendukung 4.5V/5A, yang berarti pengisian daya 22.5W. Dan kepala charger yang Anda gunakan adalah 5V/1A, sehingga daya output maksimum yang dapat diberikan kepala charger kepada handphone Anda adalah 5W, maka kecepatan pengisian daya secara alami jauh lebih lambat.


Bagaimana kabel data dapat mempengaruhi kecepatan pengisian daya? Kabel data adalah penghubung antar kepala charger dan handphone sehingga berperan besar untuk transmisi arus. Kualitas dan performa kabel data akan menentukan jumlah arus yang loss.



Kebanyakan kabel data terdiri dari 4 kabel, kabel data dnegan USB 3.0 keatas akan memiliki lebih banyak jumlah kabel. Semakin tebal inti kabel maka akan semakin besar jumlah arus yang di transmisi maka pengisian daya akan semakin cepat.



Selain itu, panjang kabel juga mempengaruhi kecepatan pengisian daya handphone. Secara teori semakin pendek kabel data maka pengisian daya akan semakin cepat, tetapi faktor tersebut tidak berpengaruh besar. Pada umumnya, standar panjang kabel handphone adalah 1 meter. Kita dapat memilih kabel yang lebih panjang untuk kenyamanan penggunaan.


Ketentuan quick charging sama penting nya Untuk mencapai efek pengisian cepat, kepala charger harus konsisten dengan ketentuan quick charging handphone. Setiap produsen handphone memiliki solusi quick charging yang berbeda-beda dan ketentuan quick charging setiap merek juga berbeda: Selain PD Quick Charge, QC Quick Charge, ada juga Huawei Super Charge, OPPO VOOC Flash Charge dan lainnya.



Seperti: Jika Anda menggunakan kepala charger 30W PD Quick Charge untuk mengisi daya iPhone11, Anda tidak akan mendapat 30W Quick Charge, karena handphone hanya mendukung paling banyak 18W Quick Charge; Menggunakan kepala charger 24W PD Quick Charge untuk mengisi daya iPhone, Anda tidak akan mendapat 18W Quick Charge, karena iPhone tidak mendukung QC Quick Charge.




Maka dari tiu, kita perlu mengetahui ketentuan apa yang didukung oleh handphone kita. Yang terbaik adalah dengan memiliki kepala charger high-power yang mendukung beragam ketentuan quick charge dan memiliki banyak output, sehingga dapat menyelesaikan segala masalah pengisian daya~


VIVAN XQ4 30W Quick Charge



Mendukung pengisian daya 4 perangkat di saat bersamaan, 30W high-power quick charging, sangat mengurangi waktu pengisian daya, mengisi daya iPhone11 50% dalam 30 menit. Cukup membawa satu kepala charger untuk business trip atau travelling. Mendukung PD Quick Charge untuk iPhone 8 keatas, dan juga mendukung QC3.0 Quick Charge untuk Samsung, Xiaomi, Huawei dan masih banyak merek lainnya. Dengan built-in smart chip, pada saat melakukan pengisian daya beberapa perangkat di saat yang sama akan melakukan smart shunting, memberikan akan rasa aman selama melakukan pengisian daya.


VIVAN SM30S Micro FAST CHARGING DATA CABLE



Mendukung pengisain daya dan transfer data di saat yang bersamaan, lebih efisien. Bagian dalam kabel terdiri dari tembaga murni dengan oxygen-free yang lebih tebal dengan arus besar 2A, pengisian daya lebih cepat dan stabil. Sambungan kepala kabel dan kabel telah diperkuat untuk mencegah kerusakan dan sangat awet.


Apa yang kamu ketahui soal quick charging?

Yuk berbagi dengan komen dibawah.






1 tampilan0 komentar