Gimana cara memilih bluetooth headset? Yuk baca kamu akan tau setelah membaca ini.

Sebagai produk digital yang wajib dimiliki anak muda sekarang, bluetooth earphone memiliki banyak variasi sehingga orang bingung untuk memilih. Nah gimana sih caranya kita pilih bluetooth earphone yang lebih bagus tapi di kisaran harga yang mirip?


3 Poin Penting: 1. Koneksi yang cepat dan stabil 2. Kualitas suara yang lebih baik 3. Lantensi rendah


➹ Stabilitas Koneksi

Jika koneksi bluetooth earphone terputus pada saat pemakaian, itu menandakan bahwa koneksi bluetooth dari earphone kurang stabil. Sebagian besar disebabkan karena ada nya barang yang menghalangi atau gangguan sinyal. Contohnya, beberapa objek metal dapat memperngaruhi koneksi bluetooth. Sehingga Anda perlu memilih bluetooth earphone dengan anti-interferensi sinyal yang tinggi.


Saat ini, bluetooth earphone pada umumnya dibagi menjadi 2 versi yaitu bluetooth 4.0 dan 5.0. Dibandingkan dengan bluetooth 4.2, bluetooth 5.0 tidak hanya meningkat anti-interferensi, tetapi juga sangat mengurangi konsumsi daya. Ini dapat meningkatkan kecepatan transmisi data 2x lipat, dari 1Mbps menjadi 2Mbps, dan jarak transmisi juga meningkat menjadi 4x lipat. Secara teori, dapat mencapai jarak sejauh 300 meter. Jika rumah Anda sangat besar tak pelru khawatir akan diskoneksi.



Bluetooth dengan versi yang berbeda akan mengikuti versi yang sebelumnya. Misalnya, jika handphone Anda mendukung bluetooth 4.2 dan bluetooth earphone Anda mendukung bluetooth 5.0, maka setelah tersambung, versi bluetooth 4.2 lah yang akan digunakan.



Sekarang ini telah diterapkan secara bertahap di pasaran bluetooth earphone, produk yang menggunakan bluetooth 5.2 akan memiliki koneksi yang lebih cepat dan stabil dalam jarak jauh, mengkonsumsi daya yang lebih rendah, lantensi yang rendah dan meningkatkan kualitas suara.


➹ Kualitas Suara

Setelah suara ditransmisi dari handphone ke earphone, kualitas suara akan hilang, yang berhubungan dengan protokol decoding audio yang didukung oleh earphone. Metode pengkodean umum saat ini termasuk SBC (yang paling umum), AAC, aptX, dan LDAC, dalam pengalaman nyata, perbedaan kualitas suara diantara mereka sangatlah besar.



Saat mengukur protokol ini, kita dapat menilai dari 2 parameter tingkat sampling audio bluetooth dan audio digit bluetooth. Semakin besar nilainya maka semakin bagus efek kualitas transmisi suara.


iPhone hanya mendukung teknologi encoding SBC dan AAC, dan kedua ini didukung oleh hampir semua bluetooth earphone, jadi tidak perlu lagi pusing untuk encoding yang digunakan pada saat memilih earphone.

Untuk Android 8.0 keatas, selain mendukung SBC dan AAC, juga mendukung aptX dan LDAC.



Seri protokol aptX Qualcomm dapat mengkompres file audio tanpa mempengaruhi pencapaian kualitas suara yang lebih tinggi, yang merupakan pilihan yang tepat untuk saat ini.


Latensi Rendah

Dengan kualitas chip dan versi bluetooth yang lebih tinggi, juga metode encoding yang sesuai dapat membuat latensi lebih rendah. Namun dengan peningkatan pada konfigurasi pastinya akan meningkatkan harga dari earphone. Diantaranya, earphone dengan aptX encoding juga memiliki kelebihan dalam permasalahan delay, dan juga memiliku chip Qualcomm, jadi boleh untuk menjadi fitur yang diutamakan.



Sedikit pengetahuan: Karena transmisi bluetooth berada di pita frekuensi 2.4Ghz dan WiFi pada handphone juga pada 2.4Ghz maka akan ada sedikit gangguan transmisi bluetooth. Maka disarankan untuk mengganti jaringan seluler atau WiFi band menjadi 5G saat bermain game.


Selain 3 poin penting diatas untuk memilih earphone, tampilan luar dan daya tahan baterai yang lama juga penting, jadi dengan memilih merek yang terpercaya tentunya akan membuat Anda bebas dari rasa khawatir~


☞ VIVAN Liberty T210NC



VIVAN Liberty T210NC mengadopsi Qualcomm CVC 8.0 dual microphone dan teknolofi noise reduction, yang dapat secara efektif dalam noise cancelling. Bahkan pada lingkungan yang berisik, suara telepon akan lebih jelas, komunikasi lebih gampang dan lancar.



Dilengkapi dengan teknologi Bluetooth 5.2 , mendukung teknologi decoding aptX, mempertahankan detail suara asli, dan mencapai portable high-definition secara maksimal. Mode latensi rendah 60ms membuat Anda lebih nyaman saat bermain game.


12 tampilan0 komentar